4 Buku Motivasi Bisnis Terbaik Sepanjang Sejarah

Posted by

Sudah bukan rahasia lagi bahwa buku adalah jendela dunia. Meluangkan waktu untuk membaca buku, khususnya buku bisnis merupakan hal yang sangat baik. Selain dapat menambah wawasan bisnis, buku tersebut akan membuat cara berpikir seseorang menjadi lebih luas. Berikut ini adalah beberapa buku bisnis terbaik yang direkomendasikan oleh para pebisnis professional.

Hug Your Haters

Buku karangan Jay Baer yang diterbitkan pada tahun 2016 ini mengulas tentang dua tipe haters yang sering dijumpai dalam bisnis manapun. Di dalamnya terdapat tips untuk menghadapi haters tersebut. Menariknya, buku ini juga menggarisbawahi bahwa komplain dari konsumen adalah hal yang penting.

Buku ini dapat mengajarkan Anda untuk tidak boleh kesal dengan konsumen yang kecewa atau komplain atas produk Anda tetapi berterima kasih pada mereka. Kebanyakan konsumen yang kecewa enggan untuk menyampaikan keluhan dan langsung berpindah ke produk dari brand lain. Ketika mendapatkan keluhan dari konsumen, ini dapat menjadi langkah utntuk evaluasi dan meningkatkan kualitas layanan maupun produk Anda. Jadi keluhan konsumen menjadi asset terbesar perusahaan

Wow Leadership

Ini adalah buku karya Hermawan Kartajaya bersama Ardi Ridwansyah pada tahun 2014. Herwawan Kartajaya sendiri merupakan CEO dan founder MarkPlus, Inc dan termasuk salah satu ahli yang membentuk pemasaran di masa mendatang. Sedangkan Ardi Ridwanyah merupakan COO MarkPlus Inc.

Pada salah satu kutipan dalam buku ini disebutkan bahwa pemimpin merupakan individu yang gagasan dan perilakunya dapat berpengaruh terhadap perilaku orang lain dan bergerak secara suka rela. Di dalamnya terdapat enam atribut leadership yang dapat menjadikan seseorang pemimpin yang hebat. Aspek yang dibahas adalah aspek intelektual, fisik, emosional, kemampuan sosial, kepribadian, dan moral.

Rich Dad Poor Dad

Ini adalah salah satu buku bisnis terpopuler sepanjang masa karangan Robert Kiyosaki yang diterbitkan pada tahun 1997. Membangun asset jauh lebih penting dibandingkan memperbesar pengeluaran. Yang dimaksud membangun asset di sini adalah investasi dan selalu mengusahakan uang yang bekerja untuk Anda.

Buku ini menjelaskan betapa pentingnya pendidikan keuangan sejak dini supaya tidak terjebak dalam lingkaran setan untuk mengejar uang. Anda dapat membaca berbagai kisah menarik yang berisi pelajaran tentang pendidikan finansial dari Rich Dad serta cara supaya tidak terjebak dalam lingkaran setan karena Poor Dad.

Start With Why

Buku karangan Simon Sinek yang diterbitkan pada tahun 2009 ini berisi tentang kepemimpinan dan cara untuk menjadi pemimpin yang baik. Start With Why memberikan pencerahan berdasarkan fakta di mana banyak orang biasanya fokus pada hal yang harus dilakukan dan cara untuk melakukannya. Ironisnya justru banyak yang belum paham mengapa mereka melakukan hal tersebut.

Buku ini mengulas bahwa semua pemimpin hebat mempunyai kesamaan yakni mencapai passion yang diinginkan dan memulai dengan Why atau kenapa. Pertanyaan ini harus dijawab menggunakan jawaban yang rasional agar individu terdorong mencari alasan logis dan memahaminya. Kemudian Anda dapat memaparkan apa yang perlu dilakukan serta bagaimana cara melakukannya. Hal ini tentu akan membuat Anda nanti lebih mudah mengerahkan tim dan membuat suasana kerja lebih efektif