5 Langkah Mencapai Kemerdekaan Finansial

Posted by

Indonesia telah merdeka dari penjajah selama 72 tahun lebih. Tetapi faktanya masih banyak sekali masyarakat di Indonesia yang belum mencapai kemerdekaan atau kebebasan finansial. Kemerdekaan finansial itu sendiri merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak memiliki halangan lagi untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Jika Anda masih merasa stress dan pusing membayar tagihan kartu kredit atau cicilan rumah, ini artinya Anda belum mendapatkan kemerdekaan finansial. Tetapi jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka Anda sudah dapat dikatakan merdeka secara finansial. Bagi Anda yang saat ini belum mencapai kemerdekaan finansial, berikut ini ada beberapa langkah yang dapat diikuti untuk mencapai kebebasan finansial.

 

  1. Mengatur Keuangan

Ini adalah tahap pertama yang perlu dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Jika Anda sudah memiliki pemasukan tetap setiap bulan, cobalah untuk mengatur proporsi penghasilan tersebut untuk berbelanja dan juga investasi. Jika pemasukan yang diperoleh setiap bulan hanya habis digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan tidak ada investasi, Anda nanti tidak akan memiliki persiapan finansial di masa depan

 

  1. Lunasi Semua Hutang

Tidak sedikit masyarakat di Indonesia yang senang memanfaatkan fasilitas kredit saat membeli barang. Hasilnya mereka harus membayar angsuran setiap bulannya dalam jangka waktu tertentu. Fasilitas kredit sebenarnya akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk sesuatu yang bersifat produktif, bukan konsumtif. Saat ini, cobalah lunasi semua tagihan kartu kredit agar tidak terbebani oleh bunga dari hutang tersebut. Selain itu,tanamkan di dalam diri sendiri bahwa kartu kredit tidak memberikan tambahan dana tunai tetapi merupakan beban hutang.

 

  1. Mengantisipasi Resiko

Jika ingin berinvestasi, Anda perlu menyiapkan proteksi diri entah itu asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Pasalnya semua hasil investasi Anda nanti akan sia-sia ketika tidak ada perlindungan diri. Selain proteksi diri, semua asset yang dianggap berharga juga perlu diasuransikan agar semua asset Anda tidak sia-sia atau hangus begitu saja

 

  1. Menyiapkan Dana Darurat

Menabung untuk persiapan masa depan merupakan hal yang penting. Dana darurat perlu disiapkan untuk meminimalisir resiko akan hal-hal tidak terduga maupun mendesak yang harus dipenuhi. Anda sebaiknya memiliki dan darurat setidaknya tiga kali lipat dari jumlah pengeluaran selama sebulan. Cara penempatannya adalah 1 kali pengeluaran disimpan di tabungan sedangkan 2 kali pengeluaran sebulan disimpan di deposito. Tetapi Anda dana darurat juga dapat diinvestasikan di reksa dana yang mampu memberikan hasil lebih tinggi dibandingkan menabung di bank.

 

  1. Investasi

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa untuk berinvestasi harus memiliki banyak uang dulu. Padahal investasi sebenarnya memiliki tujuan untuk mengembangkan asset yang sudah dimiliki. Beberapa produk investasi yang populer adalah deposito, tabungan, dan reksa dana. Pastikan imbalan dari hasil investasi yang ditawarkan tidak di bawah inflasi.

Untuk Anda yang sudah memiliki pengetahuan tentang finansial, Anda dapat memilih jenis investasi yang paling sesuai. Tetapi jika masih ragu-ragu dengan pengetahuan dan kemampuan mengenai produk investasi, cobalah menggunakan jasa perencana an keuangan. Mereka akan membantu Anda memilih produk investasi yang paling cocok untuk Anda.

Jadi jika Anda ingin meraih kemerdekaan finansial, sekarang tentukan tujuan finansial Anda. Semoga dengan langkah-langkah di atas, Anda akan lebih mudah mencapai kemerdekaan finansial.