5 Penyebab Utama Usahawan Gagal Dalam Marketing

Posted by

Pemasaran atau Marketing adalah senjata terakhir  yang akan menentukan laju perkembangan  suatu usaha atau bisnis, jika pemasaran anda efektif maka bisnis anda akan mengalami kemajuan dan selalu survive dalam menghadapi pertempuran di dunia usaha. Sebuah produk yang hebat, desain website yang elegan atau interior toko anda bahkan anda sudah mengeluarkan modal cukup besar  belum menjadi jaminan usaha tersebut akan sukses jika pemasaran atau marketing yang anda lakukan kurang maksimal.

Ilmu Marketing tidak selalu identik dengan promosi yang gencar tetapi juga harus mengerti tentang kebutuhan  yang di inginkan atau di cari oleh konsumen. Hal ini biasanya yang  menjadi titik lemah atau kurangnya pengetahuan dan menjadi penyebab kegagalan dalam pemasaran.  Melakukan promosi dan mengetahui betul apa yang di butuhkan orang tentu akan sangat efektif dan produk anda tidak akan sia-sia.

Point di atas adalah penyebab utama mengapa seorang usahawan atau pengusaha sering mengalami kegagalan dan ada point atau hal penting lainnya yang di lupakan yaitu melupakan berbicara kepada konsumen  saat memulai membuat dan mengembangkan teknik dan strategi pemasaran.

Berikut ini adalah 5 Penyebab Utama Usahawan Gagal Dalam Marketing, hal-hal yang “di lupakan” oleh usahawan ketika berbicara dengan konsumen:

  1. Ingin Mendapatkan Hasil Yang Pendek Atau Cepat

Beberapa pengusaha mempunyai sifat-sifat seperti ini, yaitu ingin cepat mendapatkan uang banyak secara cepat dan hal ini entah karena emosi sesaat  sehingga hanya uang dan uang yang menjadi tujuan utama.

  1. Merasa Yakin Jika Konsumen Sudah Tau Apa Yang Di Inginkan

Penyakit seperti ini yang juga banyak terjadi sebagai usahawan atau entrepreneur, merasa sudah yakin jika konsumen sudah mengerti. Konsumen sekarang sudah cukup pintar  dan biasanya mereka hanya membutuhkan atau ingin mengetahui kekurangan dan kekurangan produk tapi hal ini tidak di sadari anda.

  1. Sifat Malas Untuk Menghubungi Konsumen

Menghubungi konsumen tidak selalu harus kontak telp tetapi terpenting adalah melibatkan mereka dengan produk anda. Anda juga tidak harus menunggu untuk mendapatkan opini mengenai kepuasan tentang produk, jika konsumen memberikan tanggapan mengenai kepuasan produk anda maka segera balas agar konsumen merasa senang dan pada akhirnya membeli produk anda kembali. Anda juga dapat memberikan ucapan terimakasih kepada konsumen melalui selebaran kertas.

  1. Terlalu Percaya Terhadap Produk Atau Jasa

Banyak penjual atau pengusaha yang merasa yakin akan kehebatan dengan produk atau jasa sehingga konsumen akan mencari atau memburunya. Jika hal ini yang anda tonjolkan maka konsumen akan sebaliknya yaitu membenci cara anda jadi hindari sifat seperti ini.  Ketika produk anda laris manis maka anda harus tetap dekat dengan konsumen dan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa anda.

  1. Merasa Yakin Jika Melakukan Segmentasi Pasar Sesuatu Yang Tidak Penting Atau Tidak Perlu Di Lakukan

Memang benar, semua orang dapat menjadi konsumen potensial anda tetapi juga penting  untuk memperhatikan atau focus kepada konsumen yang benar-benar sudah menjadi langganan anda  tentu dengan maksud tidak mengesampingkan pelanggan baru.

Well, jika anda mampu mengenali point di atas kemungkinan untuk gagal dalam pemasaran jauh lebih kecil jadi kenali sejak dini tentang produk dan cara marketing anda mulai dari sekarang. Semoga ulasan tentang 5 Penyebab Utama Usahawan Gagal Dalam Marketing ini bermanfaat untuk anda dan terimakasih.