6 Tips Memulai Usaha Kedai Kopi

Posted by

Café merupakan salah satu usaha yang banyak berkembang di Indonesia dan mengalami pertumbuhan yang pesat. Saat ini café telah menjadi tempat bersantai untuk berkumpul bersama teman maupun sekedar untuk melepas penat. Meskipun kopi memiliki banyak peminat, tetapi membangun usaha café tidak semudah yang dibayangkaan. Bisnis ini lebih kompleks dan ada banyak elemen yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal utama yang perlu diperhatikan untuk memulai usaha coffee shop atau café.

 

  1. Konsep

Konsep yang kuat diperlukan untuk mengatasi persaingan usaha. Selain dapat menjadi unsur pembeda bagi bisnis Anda, konsep ini juga akan membantu mendapatkan banyak konsumen yang dapat mengembangkan bisnis. Nantinya konsep ini juga akan ikut menentukan perkembangan bisnis Anda. Contohnya jika kedai Anda mengusung konsep minimalis, menu yang ditawarkan sebaiknya juga memiliki konsep minimalis. Selain itu, Anda juga harus mengutamakan kenyaman pelanggan karena kebanyakan pelanggan biasanya menikmati kopi untuk bersantai.

 

  1. Modal

Sebelum memulai bisnis kedai kopi, modal menjadi hal yang penting untuk dipikirkan. Sebenarnya dengan modal sekitar Rp 1 juta pun Anda sudah dapat membuka bisnis coffee shop. Bagi para pelaku usaha dengan modal minim, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membuka café yang mewah dan besar melainkan mulailah dari yang sederhana dulu.

 

  1. Memilih Supplier Berkualitas

Indonesia dalah negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia selain Brazil dan Vietnam. Jadi kualitas kopi di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Beberapa kopi yang terkenal adalah Kopi Bali Kintamani, Kopi Toraja, Kopi Gayo, Kopi Flores, Kopi Arabika Wamena, dll. Untuk Anda yang mempunyai modal lebih, mengunjungi langsung daerah-daerah penghasil kopi merupakan pilihan yang dapat ditempuh.

 

Tetapi jika budget terbatas, Anda dapat mencari informasi dari internet atau teman untuk mencari supplier kopi terbaik dan terpercaya. Jangan ragu meminta produk sampel untuk menguji rasanya. Jika kopi tersebut memang sesuai dengan yang dicari, maka Anda dapat membuat kerjasama atau MOU dengan supplier tadi

 

  1. Lokasi Strategis

Jika Anda sudah memiliki konsep, langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi usaha. Ini akan ikut menentukan kesuksesan bisnis kedai kopi Anda. Usahakan untuk memilih tempat usaha yang strategis dan mudah ditemukan misalnya di tengah keramaian, dekat dengan perkantoran, kampus, mall atau di tempat-tempat di mana orang senang menghabiskan waktu.

 

  1. Promo

Undang media untuk meliput kedai kopi Anda. Atau adakan workshop yang dapat menarik perhatian masyarakat. Rasa yang ditawarkan memang harus konsisten kualitasnya. Tetapi pemasaran memerlukan kreativitas. Untuk menyiapkan promo selama café Anda beroperasi, Anda perlu menyisakan dana. Jika dana terbatas, promo dapat dilakukan bertahap

 

  1. Menggunakan Peralatan Berkualitas

Peralatan berkualitas juga menjadi modal penting untuk mendukung bisnis kedai kopi agar berjalan dengan lancar. Peralatan tersebut antara lain adalah moka pot, ketel pemanas, dan juga mesin grinder. Selain mesin pembuat kopi, ada lagi perlengkapan lain yang perlu dimiliki seperti cangkir yang bagus, kursi, meja, dan aksesoris untuk mempermanis ruangan. Agar peralatan di kedai Anda tetap terlihat sederhana tetapi dapat menarik perhatian, maka gunakan kreativitas Anda untuk menatanya.