6 Tips Sukses bisnis kopi ala Jason Leo

Posted by

Di daerah Pluit, Jakarta Utara terdapat sebuah kedai kopi kecil yang tidak pernah sepi oleh pengunjung yaitu Ombe Kofie. Jason Leo sebagai pendiri kedai ini telah sukses menjadikan Ombe Kofie sebagai café favorit. Café ini mampu membuat pengunjung menyukai nuansa menikmati kopi seperti di rumah sendiri.

 

Jason awalnya mengaku bahwa dirinya sama sekali tidak paham soal kopi. Beliau memulai bisnis ini hanya sekedar coba-coba. Walaupun demikian, ia menjalani bisnis ini dengan serius. Dengan modal manual grinder, teko, dan timbangan, Jason mencoba menemukan takaran yang pas. Semua hal dibuat mengikuti selera dan rasa. Berikut ini adalah beberapa tips dari Jason yang wajib diperhatikan untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis kopi.

 

Hasur Memiliki Cita Rasa

Setiap orang memiliki definisi enak yang berbeda-beda, termasuk cita rasa kopi. Ada orang yang suka kopi asam, manis, pahit, dan masih banyak lagi. Seorang pembuat kopi dalam membuat racikan tidak boleh terlalu berlebihan. Cita rasa kopi terbaik dapat tercipta dari orang-orang yang paham tentang keseimbangan rasa. Cita rasa menjadi parameter untuk menentukan enak atau tidaknya kopi. Tanpanya, pebisnis seolah tersesat dan tidak mengetahui hal yang harus dilakukan.

 

Prinsip Main Aman

Ada banyak resep membuat kopi di internet. Tiap orang juga dapat memilih resep tersebut dengan bebas. Untuk mendapatkan cita rasa kopi terbaik, Anda wajib mencari tahu takaran yang paling sesuai. Prinsipnya dalam meracik resep tersebut Anda sebaiknya berusaha menciptakan keseimbangan takaran yang aman. Contohnya jika arahan resep takarannya adalah 1 – 10, pilih takaran 5-8.

 

Bahan Baku Berkualitas

Cita rasa kopi yang lezat berasal dari biji kopi yang berkualitas. Jadi seorang pebisnis kopi wajib mengetahui kualitas mesin kopi dan kualitas biji kopi.Sesuatu yang memiliki kualitas bagus biasanya ditawarkan dengan harga mahal. Jika ada bahan baku bagus tetapi murah, maka itu Anda berarti beruntung. Pastikan untuk mencari distributor kopi yang berkualitas dan terpercaya.

 

Pilih Barista yang Tepat

Mesin dan biji kopi berkualitas perlu diracik oleh barista yang tepat. Jika tidak, maka hasilnya pun menjadi kurang maksimal, Barista yang dipilih sebaiknya adalah orang yang memiliki cita rasa pas. Hindari memilih barista yang ekstrem. Ingat para penikmat kopi memiliki selera yang berbeda-beda. Jadi pilih barista yang mampu menciptakan berbagai macam rasa kopi sesuai suasana hati pelanggan.

 

Pilih Karyawan yang Peduli

Kepedulian karyawan adalah hal yang penting untuk dimiliki. Pasalnya kepedulian adalah muara dari kebaikan. Adanya rasa peduli membuat karyawan ikut menjaga kenyamanan kedai, kebersihan, dan juga memberikan suasana hangat bagi para pengunjung. Bagi para pemilik usaha, cara mendidik karyawan maupun barista adalah dengan memberikan teladan. Hindari memarahi atau menghakimi karena cara ini sama sekali tidak efektif.

 

Menciptakan Interaksi yang Baik Dengan Pelanggan

Untuk membuat pelanggan merasa nyaman di kedai kopi Anda, cobalah untuk menghadirkan suasana yang hangat. Pengunjung perlu diperlakukan layaknya teman lama yaitu disapa dengan hangat kemudian diajak untuk berinteraksi. Yang dimaksud interaksi di sini bukan berarti terus menerus mengajak pelanggan bercakap-cakap. Semua itu harus disesuaikan dengan suasana hati pengunjung. Ketika Anda menemukan pelanggan yang duduk sendiri dan terlihat ceria, Anda dapat mencari bahan obrolan agar interaksi dapat berjalan dengan baik.