Analisa Biaya Membuka Jasa Potong Rambut

Posted by

Jika Anda mempunyai keahlian potong rambut kenapa tidak memanfaatkan sebagai sebuah bisnis atau usaha, persaingan untuk usaha di bidang jasa potong rambut tidak terlalu ramai jadi sangat baik untuk memulai usaha ini. Kami akan menguraikan secara singkat tapi jelas tentang Analisa Biaya Membuka Jasa Potong Rambut ini termasuk analisa biaya atau modal. Perlu Anda ketahui untuk memulai usaha ini tidak selalu menuntut Anda untuk kursus terlebih dulu sebab banyak sekali jasa seperti ini justru hanya berangkat dari belajar otodidak tetapi untuk Anda yang memang tidak memiliki keahlian memotong rambut tentu dapat belajar atau mengambil kursus.

Untuk modal atau biaya juga tidak membutuhkan terlalu besar tetapi pendapatan cukup lumayan dan bersifat terus menerus dan ini menurut saya sebuah peluang yang sangat bagus. Jika Anda memang anda hanya ingin sekedar membuka usahanya saja tidak perlu bingung sebab Anda dapat merekrut orang yang mempunyai keahlian di bidang ini dan menjadikan karyawan Anda, enak bukan?

Sebelum Anda memulai usaha pangkas atau potong rambut ada hal-hal yang harus di perhatikan lebih dulu, apa saja? Berikut:

  1. Survey Lokasi/tempat, usahkan mencari lokasi yang ramai di lalui orang seperti pertigaan jalan atau perempatan atau dekat dengan pasar dan lain lain. Hal ini agar orang mudah cepat mengenali lokasi Anda.
  2. Tempat usaha selalu bersih, hal ini sangat penting agar para pengunjung nyaman sambil menunggu antrian dan akan lebih baik lagi jika Anda menyediakan air minum gratis. Dengan cara ini sudah tentu orang akan kembali lagi ke tempat usaha Anda.
  3. Cari Orang yang ahli, jika Anda menggunakan atau merekrut orang lain sebagai karyawan maka carilah yang bener-bener sudah ahli atau berpengalaman. Hal ini tentu menyangkut tingkat kepuasan pelanggan Anda.
  4. Berikan sesuatu yang lebih, Agar usaha Anda lancar dan selalu di senangi oleh pelanggan  sebaiknya mencoba memberikan program gratis, contoh setiap 5x potong rambut gratis 1x potong, menarik bukan?
  5. Mengenal Perlatan, apa saja peraltang untuk membuka jasa potong rambut? Sisir, kain, handuk, semprot air, sikat dan silet atau pisau cukur.

Analisa Biaya Pangkas Rambut

  1. Sewa tempat : Rp 500.000,-/tahun ( kecuali property milik sendiri )
  2. Investasi alat : Rp 1000.000,- (1X) meliputi cleper, gunting, handuk, silet dll.
  3. Gaji karyawan : Rp 600.000,-/ bulan ( Rutin perbulan )
  4. Listrik : Rp 100.000/bulan ( Rutin per bulan )

Total Investasi awal : Rp 2.200.000,-

Pemasukan dengan estimasi 15 orang perhari potong rambut.

  1. Pemasukan Harian : 15 0rang x Rp 5000,- : Rp 75.000,-
  2. Pemasukan Bulanan : Rp 75.000,- X 30 H = Rp 2.250.000,-

Keuntungan :

Pemasukan – Biaya awal : Rp 2.250.000-Rp 2.200.000 =Rp 50.000,-

Dalam 1 bulan modal awal sudah balik atau sudah break event point(BEP).

Untuk penghasilan bulan selanjutnya tinggal dikurangi biaya listrik sama gaji karyawan.

Rp 2.250.000 – Rp 700.000,- = Rp 1.550.000,-/ bulan. Kalo dikerjakan sendiri seluruhnya masuk kantong anda selaku owner sekaligus karyawan, yaitu Rp 2.150.000,-. Setelah dikurangi biaya listrik.

Analisa Biaya Membuka Jasa Potong Rambut di atas tentu hanya sebuah contoh saja sebab semua tergantung sewa lokasi Anda, sampai disini dulu semoga dapat bermanfaat anda dan salam sukses!..