Bagaimana membuat toko sepi jadi ramai pembeli

Posted by

Seorang pebisnis harus siap untuk menghadapi berbagai tantangan usaha mulai dari perubahan tren pasar hingga banyaknya kompetitor dengan produk serupa yang menyebabkan toko menjadi sepi. Jika Anda termasuk salah satu pemilik usaha yang terdampak oleh perubahan dan persaingan tersebut, berikut ini adalah beberapa tips untuk menyiasatinya.

 

Promosi Online

Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai media promosi yang hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya. Anda dapat menggunakan Twitter, Facebook, Whatsapp, BBM, maupun Instagran. Atau Anda juga dapat memasarkan produk Anda melalui marketplace gratis. Kini para pelaku usaha dapat dengan mudah mengunggah produk Anda di pasar online.

 

Semua orang saat ini menginginkan hal-hal yang serba instan. Dengan pergerakan tren yang cepat, cobalah untuk memberikan sesuatu yang berbeda dan hanya ditawarkan oleh produk Anda. Usahakan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan sudah terintegrasi dengan ponsel. Dengan kebiasaan masyarakat saat ini yang tidak bisa lepas dari ponsel, maka Anda pun harus memanfaatkan hal ini sebagai cara untuk membujuk konsumen agar mau membeli produk Anda.

 

Produk Bagus Harga Terjangkau

Kualitas menjadi hal yang utama dalam sebuah bisnis. Konsumen sekarang sudah pandai dalam memilih produk dan tidak sekedar fokus pada harga. Menurut riset pasar, para konsumen sekarang lebih senang membeli produk berkualitas walaupun harganya lebih mahal. Konsumen tidak ingin repot sering mengganti produk dengan membeli barang murahan.

 

Sebelum menetapkan harga, Anda sebaiknya mengecek harga pasar lebih dulu dan tidak menjualnya dengan harga yang terlalu mahal. Jika Anda menjual barang dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus,tentu toko Anda akan mendapatkan citra yang bagus. Ketika konsumen puas dengan layanan di toko Anda, mereka tentu akan dengan senang hati mempromosikan produk Anda secara gratis.

 

Menambah Variasi Produk

Bagi Anda yang terkendala modal, cobalah untuk membeli sedikit barang dagangan tetapi dengan jenis yang berbeda-beda agar barang dagangan Anda terlihat komplit. Anda mungkin berpikir bahwa membeli produk secara grosir dapat memberikan keuntungan yang besar. Namun perlu diingat bahwa membeli secara grosir belum tentu semua barang akan terjual dengan cepat. Bila produk tidak segera laku, maka Anda hanya akan menumpuk barang yang justru nanti dapat merugikan Anda. Kecuali jika Anda menetapkan sistem pre order dengan pembeli yang sudah membayar sebelum barang datang

 

Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan

Ini merupakan hal yang penting  untuk mendapatkan konsumen yang loyal. Berikan layanan yang tulus dan baik. Saat konsumen bertanya, jawablah dengan ramah. Beberapa konsumen kadang enggan membeli di suatu tempat karena penjualnya tidak ramah. Tetapi perlu dipahami bahwa ramah bukan cerewet. Seorang penjual yang cerewet justru akan membuat pelanggan tidak nyaman

 

Jika Anda membuka toko offline, sebaiknya jangan terlalu membuntuti pelanggan yang datang ke toko karena hal ini akan membuat mereka merasa diawasi dan kurang leluasa. Jika Anda memang ingin mengawasi, sebaiknya lakukan secara halus dan dari jarak jauh. Yang penting Anda harus menjadi penjual yang ramah dan paham bagaimana caranya menempatkan diri.

 

Demikian sedikit ulasan untuk menyiasati toko yang sepi pembeli. Semoga dengan cara di atas, Anda dapat mendapatkan lebih banyak pelanggan.