Inilah Kiat sukses untuk para pengusaha online

Posted by

Zaman saat ini telah berubah. Setiap orang memiliki kebiasaan baru dalam mendapatkan sebuah produk yaitu dengan berbelanja online. Untuk itu, bisnis yang selalu berinovasi dan selalu mengikuti kebiasaan konsumen pasti akan ikut berkembang. Masyarakat saat ini merasa lebih nyaman berbelanja secara online dibandingkan harus membuang waktu dan tenaga untuk pergi ke toko.

Dengan perubahan kebiasaan tersebut, tidak ada salahnya bagi para pelaku bisnis untuk meng-online-kan produk atau bisnis Anda supaya tidak termakan oleh perkembangan zaman. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana memulai bisnis online untuk pebisnis yang masih gaptek? Berikut ini adalah beberapa cara untuk membantu Anda agar lebih mudah berjualan secara online.

Mendaftarkan Bisnis di Marketplace Sesuai Kategori Bisnis

Marketplace merupakan sebuah platform online yang mempertemukan penjual dan pembeli. Di marketplace, penjual akan memajang produk atau jasanya di tempat yang telah disediakan. Sebelum Anda mendaftarkan diri di marketplace, Anda perlu menentukan kategori produk atau bisnis Anda dengan jelas.

Business to Customer (B2C) Marketplace

Ini adalah jenis marketplace yang mempertemukan sebuah bisnis dengan pelanggan secara langsung. Contohnya Anda memiliki bisnis dengan brand A di bidang fashion. Kemudian Anda berniat untuk mengembangkan brand A tersebut di dunia maya. Akan menjadi hal yang tepat bila Anda mendaftarkan bisnis di B2C Marketplace. Beberapa marketplace yang masuk di kategori ini antara lain adalah Blibli, Zalora, Lazada, dan MatahariMall.

Customer to Customer (C2C) Marketplace

C2C Marketplace biasanya mempertemukan customer dan customer. Contohnya, Anda memiliki produk yang akan dijual. Anda dapat memanfaatkan C2C Marketplace untuk menawarkan produk tersebut. C2C Marketplace merupakan marketplace yang umum digunakan di Indonesia. Contoh yang umum digunakan adalah Bukalapak, OLX, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Business to Business (B2B) Marketplace

Marketplace ini masih cukup jarang digunakan di Indonesia. B2B Marketplace berusaha untuk mempertemukan supplier atau vendor dengan pemilik bisnis secara langsung. Contohnya, pemilik bisnis restoran sedang mencari supplier untuk memenuhi kebutuhan restorannya misalnya kursi dan meja restoran atau bahan baku minuman. Pebisnis tersebut dapat mencari produk-produk yang dibutuhkan di B2B marketplace untuk memperoleh vendor terpercaya.

Berikan Deskripsi dan Gambar yang Tepat

Dalam menawarkan produk secara online, Anda perlu menyertakan deskripsi yang lengkap dan gambar yang menarik sesuai dengan produk yang ditawarkan. Pastikan konsumen dapat melihat produk Anda dengan jelas. Selain itu, Anda juga perlu melengkapi detail toko online Anda termasuk alamat toko, kontak, dll.

Mendatangkan Traffic ke Toko Online

Sebagian orang beranggapan bahwa mendaftarkan toko online di marketplace sudah cukup untuk memulai jualan secara online. Hal ini memang tidak salah. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda mendatangkan traffic untuk toko online tersebut. Tidak semua marketplace dapat membantu Anda mendatangkan traffic ke toko, kecuali jika toko Anda terdaftar se sebagai seller premium.

Untuk mendatangkan traffic sendiri, Anda dapat membuat akun media sosial untuk toko atau brand Anda. Setelah itu, unggah produk yang dijual di akun sosial media tersebut. Kemudian manfaatkan berbagai fitur berbayar yang ditawarkan oleh sosial media yang dipilih.

Demikian beberapa cara mulai berjualan online dengan mudah. Sekarang Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai usaha tersebut.