Terbukti Ampuh! Ini Tipsnya Jika Anda Ingin Memulai Usaha Toko Bunga

Posted by

Banyak usaha yang sukses diawali dari hobi yang ditekuni, hingga bisa mendatangkang uang. Contohnya adalah usaha toko bunga atau florist. Kebanyakan usaha ini diawali dengan kesenangan atau sebuah hobi memelihara dan merangkai bunga, yang terus ditekuni dan dikembangkan dengan melihat celah pasar, hingga akhirnya menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Bagi Anda yang juga memiliki minat yang sama, dan berkeinginan untuk menjadikan hobi Anda ini menjadi lahan bisnis perlu memperhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari usaha ini.

Toko Bunga

Kebutuhan akan hiasan bunga akan selalu berkembang seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan peningkatan kesejahteraan. Acara-acara perayaan baik yang berskala besar seperti acara peresmian, pembukaan suatu kegiatan, pernikahan, wisuda, seminar dan berbagai acara yang bersifat resmi lainnya biasanya akan menggunakan bunga sebagai penghias. Acara dalam skala yang lebih kecilpun seperti acara pesta ulang tahun, peresmian momen tertentu dalam keluarga, pemberian sesuatu kepada orang lain sebagai bentuk terimakasih dan simpatik, penghargaan kepada rekan atau kerabat yang sedang bersuka maupun berduka akan lebih terasa nilainya jika menghadirkan bunga/hiasan bunga sebagai pemberiannya. Intinya peluang pasar untuk hiasan bunga masih sangat besar dan terus meningkat.

Bunga yang dibentuk menjadi hiasan dapat terdiri dari rangkaian bunga segar maupun bunga palsu. Kedua variasi tersebut memiliki pasar tersendiri disesuaikan dengan peruntukkannya, walaupun secara umum permintaan terhadap hiasan bunga segar lebih besar dibandingkan dengan bunga palsu.

Usaha penjualan hiasan bunga pun memiliki kekurangan, seperti pada kesegaran bahan baku bunga yang hanya memiliki ketahanan dalam hitungan hari. Bunga akan menjadi layu hanya dalam beberapa hari, sehingga dibutuhkan strategi khusus untuk mempertahankan kesegarannya agar tidak cepat layu. Selain itu juga Anda harus memiliki ketrampilan khusus dalam merawat bahan baku bunga tersebut agar bisa tetap terlihat segar saat dijual.

Rangkaian Bunga

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan saat Anda menjalankan usaha toko bunga:

  1. Anda harus menyukai dan mencintai aktivitas merawat, memelihara dan merangkai bunga. Hal ini merupakan pondasi utama yang harus diperhatikan, karena bila Anda hanya berorientasi pada meraih keuntungan saja dari bisnis ini, maka besar kemungkinan Anda akan stress melakoni usaha ini dalam waktu yang panjang.
  2. Ketrampilan berwirausaha merupakan hal lain yang perlu Anda kembangkan dan pelajari serta praktekan, karena peluang dan potensi usaha ini yang cukup menggiurkan menyebabkan tumbuhnya pesaing-pesaing usaha sejenis disekitar Anda.
  3. Mengetahui daya tahan kesegaran berbagai jenis bunga, sehingga mampu melakukan pemilahan, perawatan dan strategi dalam penjualan
  4. Kreatifitas menjadi faktor penentu juga dalam melakoni usaha ini. Rangkaian bunga yang harmonis dan menarik serta unik tentunya akan menarik perhatian dari pelanggan untuk menjatuhkan pilihannya pada jualan Anda.
  5. Daya imajinasi dan rasa dalam mengkombinasikan paduan warna dan bentuk dari berbagai jenis bunga akan memberikan tatanan desain dan komposisi bunga menarik bagi pelanggan
  6. Memiliki jiwa melayani dan ramah bagi para konsumen
  7. Harus selalu belajar berbagai hal terkait dengan bunga. Mulai dari jenis-jenis bunga, keunggulannya, asal usulnya, kegunaannya dan lain-lain hal yang menyangkut dengan bunga. Anda sebisa mungkin harus bisa menjadi gudang informasi bagi pelanggan yang bertanya terkait dengan produk bunga yang anda tawarkan, sehingga akan menimbulkan kepuasan dan kepercayaan dari pelanggan kepada Anda.
  8. Harus bisa menjadi konsultan bagi pelanggan yang datang ke toko Anda. Karena tidak jarang pelanggan datang tidak langsung mengetahui rangkaian bunga seperti apa yang diinginkan. Mereka hanya datang karena adanya kebutuhan bunga hias untuk moment tertentu. Disinilah insting Anda dibutuhkan untuk bisa menebak dan mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda disesuikan dengan kebutuhannya akan hiasan bunga.

Pengembangan Usaha Toko Bunga

Produk usaha toko bunga bisa berbentuk papan bunga, biasanya digunakan untuk ucapan selamat atau belasungkawa. Ada juga bentuk rangkaian bunga dalam vas (flower vast), rangkaian bunga yang diikat dalam kertas atau plastik cantik (hand bouquet flower), biasanya diberikan untuk pasangan, dan bunga cacahan yang biasanya dipakai untuk nyekar di kuburan.

Ide pengembangan usaha bisa Anda lakukan dengan menawarkan jasa mengganti hiasan bunga vast (pot) yang ada pada kantor-kantor perusahaan.Begitu pula jasa untuk menghias rangkaian bunga dalam pesta di kantor-kantor atau perorangan yang mau mengadakan pesta baik dirumahnya maupun di gedung-gedung tertentu.

Bagi Anda yang memiliki modal lebih, bisa mengembangkan usaha toko bunga Anda menjadi penyedia atau suplier bunga segar. Tentunya Anda harus memiliki lahan sendiri untuk pembudidayaannya, atau memiliki ruang pendingin besar yang bisa menjaga kesegaran dari bunga-bunga Anda, malah bahkan bisa menjalin kerja sama dengan para petani bunga untuk membeli dalam jumlah besar dan menjual kembali kepada sesama pengusaha toko bunga.

Alternatif pengembangan lain juga bisa Anda kembangkan dengan memiliki metode pengolahan bunga-bunga yang tidak laku untuk menjadi minyak wangi, seperti bunga melati, produk kesehatan seperti bunga matahari maupun bunga rosela untuk teh dan lain sebagainya.