Tips Memilih Suplier untuk Bisnis

Posted by

Dalam sebuah usaha atau bisnis tentu unsur penting yang perlu di perhatikan adalah suplier atau distributor untuk kelancaran suatu usaha yang sedang atau akan di jalankan. Banyak penjual yang kurang mengerti bagaimana memilih suplier yang baik dan terpercaya sebab jika partner bisnis anda ini mengalami suatu kendala atau masalah sementara usaha sedang mengalami perkembangan tentu akan menimbulkan masalah untuk bisnis anda.

Permasalahan suplier biasanya timbul oleh terlambatnya pengiriman atau tidak mempunyai kapasitas produksi yang cukup. Nah, kami akan berbagi Tips Memilih Suplier untuk Bisnis atau usaha agar anda yang kebetulan ingin merintis usaha dapat menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Tips dari kami ini juga berguna untuk anda yang ingin membuka usaha secara online, berikut tips yang sebaiknya anda mengerti:

  1. Kapasitas Produksi

Sebaiknya tanya atau langsung bertemu dengan suplier agar dapat memastikan berapa kapasitas atau kemampuan produksi yang mampu di hasilkan.

  1. Mengetahui Kredibilitas atau Tingkat Kepercayaan

Hal cukup penting dengan mengetahui tingkat kepercayaan suplier tentu rasa kepercayaan anda juga menjadi partner bisnis. Tanyakan kepada pelanggannya mengenai hal ini.

  1. Baca dan Pahami Tentang Kebijakan

Hali menyangkut tentang garansi atau jaminan produk juga termasuk pengiriman. Jangan sampai kebijakan suplier dapat merugikan anda.

  1. Minta Sampel atau Contoh Produk

Dengan cara ini anda dapat melihat langsung mengenai kualitas produk, berapa lama proses pengiriman dana perhatikan cara pengemasan produk dan hal lain yang perlu anda perhatikan adalah soal pelayanan.

  1. Cari Suplier yang Dekat

Sebisa mungkin untuk mencari suplier yang dekat dengan lokasi usaha anda, hal ini akan memudahkan anda untuk menghubungi jika hal-hal mendesak. Anda dapat bertanya kepada penjual yang kebetulan satu produk dengan anda atau bertanya kepada teman dan lainnya atau bertanya di forum bisnis.

  1. Pilih Suplier yang Mudah di Hubungi

Cari atau mintalah no kontak kepada suplier agar anda dapat dengan mudah menghubungi dimanapun dan kapanpun di butuhkan.

  1. Supplier adalah Mitra Bisnis Anda

Jangan pernah menganggap suplier adalah bawahan, jika hal ini terjadi biasanya kesenjangan hubungan anda lamban laun akan menurun. Suplier dan penjual saling menguntungkan jadi tidak ada istilah “Bos” dan ‘”Bawahan”.

Demikianlah tadi beberapa Tips Gampang Memilih Suplier untuk Bisni. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk bisnis anda. Salam sukses selalu!!.