Wajib Anda Pahami! Kenali Tipe-Tipe Konsumen Bisnis Online di Indonesia

Posted by

Bisnis online bertumbuh dengan pesat setiap tahunnya. Banyak sekali orang memilih terjun ke bisnis internet tersebut. Ada yang berjualan di media sosial, ada yang melalui website toko online, hingga website e-commerce profesional yang memfasilitasi transaksi jual-beli online antar negara. Termasuk di Indonesia, bisnis e-commerce juga mengalami banyak perkembangan dan mempengaruhi gaya mayarakat dalam berbelanja.

 

Kini sudah banyak orang yang suka membeli barang online daripada pergi ke toko offline. Alasannya karena transaksi barang online semakin mudah, cepat, dan aman. Apa saja produk dan layanan jasa hamper secara keseluruhan telah tersedia secara online. Namun, apakah Anda tahu seperti apa tipe-tipe konsumen online yang ada saat ini? Hal ini sangat menarik untuk diketahui, terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis di dunia maya.

 

Dengan mengenal perilaku konsumen saat bertransaksi barang online, Anda dapat memahami bagaimana cara menjangkau mereka supaya bisa menjadi pelanggan setia Anda. Nah, berikut terdapat beberapa gambaran tipe konsumen bisnis online menurut keterangan dari hasil penelitian Google di Indonesia. Inilah tipe konsumen bisnis online di Indonesia.

 

  • Innovator

Konsumen online dengan tipe innovator ialah jenis konsumen yang berasal dari kalangan berduit. Mereka mempunyai penghasilan yang besar dan mempunyai sejumlah peralatan teknologi. Meski demikian, mereka ternyata juga banyak yang suka melakukan pembelian produk berharga murah, namun, dengan tetap melihat kualitas bahan produk yang akan di belinya.

 

Di samping itu, mereka lebih suka menggunakan aplikasi belanja online. Sebagian besar konsumen tipe inovator ini paling senang menerima notifikasi dari toko online dan memeriksa informasi terbarunya. Lalu ketika mereka berbelanja, mereka lebih memilih untuk melakukan transaksi lewat internet banking.

  • Earlyadopters

Konsumen online dengan tipe earlyadopters merupakan jenis konsumen yang mempunyai penghasilan lebih rendah, tapi juga memiliki beberapa perangkat atau perlengkapan untuk berbelanja. Mereka suka melakukan pembelian produk dengan harga yang rendah dan senang dengan diskon atau potongan harga.

 

Ketika mereka ingin melakukan pembelian barang online, mereka lebih suka mencari melalui mesin telusur seperti Google dan tidak langsung masuk pada situs atau aplikasi tertentu. Lalu saat mereka akan melakukan transaksi, mereka seringkali membayar melalui transfer ATM atau internet banking.

  • Gap-tech

Konsumen online dengan tipe gap-tech adalah jenis konsumen yang mempunyai pendapatan tinggi tetapi lebih suka melakukan pembelian barang melalui satu cara saja. Mereka lebih suka mencari informasi produk dari toko online tersebut sendiri daripada dari iklan atau notifikasi mana toko online lainnya.

 

Di samping itu, mereka lebih suka dengan barang yang menawarkan banyak diskon dan melihat langsung barangnya supaya bisa mencobanya. Sementara saat mereka melakukan pembelian barang online, mereka agak terbelakang dalam hal pembayarannya, sebab lebih memilih transfer via ATM.

  • Latebloomers

Konsumen online dengan tipe latebloomers merupakan jenis konsumen yang baru dalam dunia e-commerce. Mereka mempunyai pendapatan yang rendah dan hanya mempunyai satu peralatan saja untuk berbelanja. Tipe kali ini ketika hendak membeli barang online, seringkali melalui mobile sites atau aplikasi e-commerce yang ada. Lalu mereka juga lebih mementingkan barang dengan harga rendah daripada melihat kualitasnya bahannya. Di samping itu, mereka lebih suka untuk melakukan metode pembayaran secara COD atau Cash On Delivery.

 

Nah, demikian ulasan singkat mengenai tipe konsumen bisnis online di Indonesia yang dapat kami bahas kali ini. Semoga dari ulasan di atas bisa menjadi referensi positif bagi Anda para pebisnis online dalam mengenali tipe konsumen yang akan Anda hadapi. Semoga bermanfaat.